ABSTRAK
Zebua, Febriani, 2011, Metode
Brainstorming Salah
Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat, Skripsi,
Pembimbing (1) Dra. Sri Wahyuningsih, Pembimbing (2) Drs. Bezisokhi
Laoli.
Kata Kunci : Metode Brainstorming, Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini
bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan
metode brainstorming (curah pendapat)
dalam proses pembelajaran, (2) Untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dengan menggunakan metode brainstorming (curah pendapat).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang
digunakan berupa lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi
digunakan untuk mengetahui apakah langkah-langkah proses pembelajaran yang
digunakan peneliti saat melakukan pembelajaran di kelas sesuai dengan
langkah-langkah metode brainstorming
(curah pendapat) dan tes hasil
belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan
di kelas VIII-1 semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa
sebanyak 26 orang dengan jumlah laki-laki 12 orang dan perempuan 14 orang.
Hasil Penelitian
sebagai berikut (1) Pada Siklus I (pertama) pelaksanaan proses
pembelajaran dengan menggunakan metode
brainstorming mencapai rata-rata 57% berada pada interval cukup dan
kuat sedangkan pada Siklus II (dua) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming mencapai rata-rata 82% berada pada interval antara kuat
dan sangat kuat, (2) Pada Siklus I
(pertama) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 67 tergolong cukup sedangkan ketuntasan
belajar siswa pada siklus 1 adalah 69%
hal ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan minimal adalah 75%
sedangkan pada Siklus II (dua) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 77 tergolong baik dan
ketuntasan belajar siswa pada siklus 2 adalah 88% dan hal ini mencapai target
yang ditetapkan adalah 75%.
Berdasarkan hasil
penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran IPS Terpadu agar pada proses pembelajaran hendaknya
guru dapat meningkatkan aktifitas siswa dengan menggunakan metode brainstorming sesuai dengan materi yang
diajarkan., hendaknya guru mata
pelajaran tidak pernah bosan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran serta
lebih kreatif dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
KATA PENGANTAR
Penulis mempersembahkan puji syukur kepada Tuhan Yang
Mahakuasa atas segala berkat dan rahmat-Nya yang berkelimpahan sepanjang
kehidupan penulis. Skripsi yang berjudul Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat ini dapat terselesaikan semata-mata karena belas kasihan Tuhan Yang Maha
Penyayang kepada penulis dalam rangka untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan (S.Pd)
di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Program Studi
Pendidikan Ekonomi IKIP Gunungsitoli.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis
memperoleh bimbingan, bantuan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati
penulis ucapkan banyak terima kasih kepada:
1. Dra. Sri Wahyuningsih selaku pembimbing I, yang telah memberikan waktu
tenaga untuk membimbing penulis dalam penulisan skripsi ini.
2. Bapak Drs. Bezisokhi selaku pembimbing II, ditengah-tengah kesibukannya sebagai Dekan FPIPS IKIP
Gunungsitoli, beliau juga rela memberi waktu, tenaga untuk membimbing penulis
hingga skripsi ini sampai dengan selesai.
3.
Bapak Dr.
Sadieli Telaumbanua, M.Pd, M.A, sebagai Rektor IKIP Gunungsitoli.
4.
Ibu Yearning Harefa, SE sebagai ketua jurusan Pendidikan
Ekonomi
5. Ibu Dra. Mondang Munthe, dan staff
pengelola perpustakaan yang telah memudahkan urusan administrasi dan daftar
pustaka bagi penulis
6. Seluruh Bapak/Ibu Dosen di IKIP
Gunungsitoli dan staf pegawai yang telah membekali penulis dengan sejumlah ilmu
pengetahuan selama dibangku kuliah.
7.
Teristimewa
kepada kedua orang tua dan saudara-saudaraku tercinta yang selalu mendoakanku,
memberi dorongan, semangat, kasih sayang dan pengorbanan agar dapat
menyelesaikan pendidikan di IKIP Gunungsitoli.
8.
Bapak Idaman Zendrato, S.Pd dan Bapak Tanobadodo Zebua, BA yang juga telah banyak membantu penulis selama penelitian dalam menyelesaikan skripsi ini.
9.
Ucapan terima kasih buat seluruh teman–teman yang telah
mendukung penulis yang tidak dapat disebut namanya satu persatu.
Akhir kata penulis mengucapkan kiranya Tuhan yang membalas semua
bimbingan, arahan dan bantuan yang diberikan dan kiranya skripsi ini dapat
bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Gunungsitoli, 2011
Penulis
Febriani Zebua
NIM. 069901029
DAFTAR ISI
Halaman
:
ABSTRAK ………………………………………………………….....……… i
KATA PENGANTAR ………………………………………………..………. ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………............. iv
DAFTAR TABEL ………………………………………………….….……… vii
DAFTAR GAMBAR ..................
...................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………..…… ix
BAB I
PENDAHULUAN
………………………………………………….. 1
A.
Latar Belakang Masalah .………………………………………... 1
B.
Identifikasi Masalah …….………………………………………. 4
C.
Batasan Masalah ………….……………………………………... 4
D.
Rumusan Masalah ………….……………………………………. 5
E.
Tujuan Penelitian …………….………………………………….. 5
F.
Asumsi Penelitian …………….…………………………………. 5
G.
Hipotesis Penelitian ……………………………………………... 5
H.
Manfaat Penelitian ……………….……………………………… 6
I.
Keterbatasan Penelitian …………………………………………. 6
J.
Batasan Operasional …………………………………………….. 7
BAB II KAJIAN
PUSTAKA ……………………………………………….. 8
A.
Metode Mengajar
…………..………………………...…………. 8
B.
Metode Brainstorming
………………………………....………… 10
1.
Pengertian Brainstormin
(curah pendapat) .………………….. 10
2.
Tujuan dan Manfaat Brainstorming ……………………...…... 13
3.
Langkah-langkah Pengajaran Metode Brainstorming ………... 13
4.
Keunggulan dan Kelemahan Metode Brainstorming ..………. 14
5.
Keunggulan Penggunaan Metode Brainstorming ..……..…… 14
C. Hasil Belajar
……………..………………………………………. 15
1. Pengertian Hasil
Belajar ……………..…………………..…... 15
2. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Belajar …………….…… 18
3. Penilaian Hasil Belajar
………………………………….…… 19
D. Hasil
Penelitian Terdahulu ……………………………...……..… 21
F. Kerangka
Berpikir ……………………………………….…........ 22
BAB III METODE
PENELITIAN ………………………………..……….. 24
A. Objek Tindakan …….………………………………….....…….. 24
B. Lokasi
dan Subjek Penelitian ..……………………………….. 24
C. Waktu dan Lama Tindakan ..…………………………………… 25
D. Prosedur Pelaksanaan
Tindakan ……………………………...… 25
1. Instrumen Penelitian ……………………………………..… 25
2. Desain
Penelitian ………………………………………..….. 26
3. Pelaksanaan
Tindakan …………………………………..….. 28
E. Teknik Analisis Data ………..……………………………..…… 30
1. Lembaran observasi
................................................................ 30
2. Pengolahan Tes Hasil Belajar
................................................. 31
3. Rata-rata Hitung …………………………………………….. 32
BAB IV
TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN……………….. 34
A. Temuan Penelitian………………………………………………. 34
1.
Setting Penelitian ……………………………………………. 34
2. Penjelasan Persiklus ………………………………………… 35
a. Pembelajaran Pada Siklus 1 …………………………….. 35
b. Pembelajaran Pada Siklus 2 …………………………….. 39
B. Pembahasan Temuan Penelitian ……………………………….. 42
1. Permasalahan Pokok
……………………………………….. 42
2.
Jawaban Umum Atas Permasalahan Pokok ………………... 42
3. Analisis Temuan Penelitian ………………………………… 44
4. Perbandingan Temuan Penelitian dengan teori …………….. 45
5. Keterbatasan Hasil Analisis dan penafsiran
temuan ……….. 46
BAB V PENUTUP
………………………………………………………….. 47
A. Kesimpulan …………………………………………………….. 47
B. Saran ……………………………………………………………. 48
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………… 49
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel
1. Desain/Rencana Dan Prosedur Penelitian Tindakan
Kelas (PTK)
2. Hasil Pengolahan Lembar Observasi Untuk Guru/Peneliti Dalam Proses Pembelajaran Siklus 1 di Kelas
VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011
3. Pengolahan
Lembar Observasi Tentang Antusias Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung
di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P.2010/2011
4. Perolehan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas
VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
5. Hasil
Pengolahan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 Semester 2
SMP Negeri 1
Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
6. Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
7. Hasil Pengolahan Lembar Observasi Untuk Guru/Peneliti Dalam Proses Pembelajaran Siklus 2 di Kelas VIII-1
Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011
8. Pengolahan
Lembar Observasi Tentang Antusias Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung di
Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P.2010/2011
9. Perolehan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas
VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2
10. Hasil Pengolahan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di
Kelas VIII-1 Semester 2
SMP Negeri 1
Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2
11. Ketuntasan
Belajar Siswa Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1. Kerangka Berpikir
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1. Skedul
Penelitian
2. Silabus
3. Materi Penelitian
4. RPP Siklus 1
4.1 RPP Pertemuan Pertama
4.2 RPP Pertemuan Kedua
4.3 RPP Pertemuan Ketiga
5. Kisi-Kisi
Tes Hasil Belajar Siklus 1
5. Pembobotan
Tes Hasil Belajar Siklus 1
7. Tes Hasil Belajar Siklus 1
8. Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar Siklus 1
9. Lembaran Obervasi Pada Siklus 1
9.1. Lembar Observasi Pertemuan
Pertama
9.2. Lembar Observasi Pertemuan
Kedua
9.3 Lembar Observasi Pertemuan
Ketiga
10. Pengolahan Lembar observasi
pengamat Siklus 1
11. Pengolahan Tes hasil belajar
siklus 1
12.`Lembar observasi peneliti pada siklus 1
12.1 Lembar Observasi Pertemuan
Pertama
12.2. Lembar Observasi Pertemuan
Kedua
12.3 Lembar Observasi Pertemuan
Ketiga
13. RPP Siklus 2
13.1 RPP Pertemuan Pertama
13.2 RPP Pertemuan Kedua
13.3 RPP Pertemuan Ketiga
14. Kisi-Kisi
Tes Hasil Belajar Siklus 2
15. Pembobotan
Tes Hasil Belajar Siklus 2
16. Tes Hasil Belajar Siklus 2
17. Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar Siklus 2
18. Lembaran Obervasi Pada Siklus 2
18.1. Lembar Observasi Pertemuan
Pertama
18.2. Lembar Observasi Pertemuan
Kedua
18.3 Lembar Observasi Pertemuan
Ketiga
19. Pengolahan Lembar observasi
pengamat Siklus 2
20. Pengolahan Tes hasil belajar siklus 2
Untuk Mendapatkan Skripsi ini secara lengkap Hubungi:
Hp. 081269170757 - an. Harefa
No Hoax !!! Skripsi ini asli Buatan saya, BUKAN copian dari situs lain.
0 komentar:
Posting Komentar