Pages

Kamis, 14 Juni 2012

Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat


ABSTRAK


Zebua, Febriani, 2011, Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat, Skripsi, Pembimbing (1) Dra. Sri Wahyuningsih, Pembimbing (2) Drs. Bezisokhi Laoli.

Kata Kunci : Metode Brainstorming, Hasil Belajar Siswa.
                 

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan metode brainstorming (curah pendapat) dalam proses pembelajaran, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dengan menggunakan metode brainstorming (curah pendapat).
 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui apakah langkah-langkah proses pembelajaran yang digunakan peneliti saat melakukan pembelajaran di kelas sesuai dengan langkah-langkah metode brainstorming (curah pendapat) dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-1 semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa sebanyak 26 orang dengan jumlah laki-laki 12 orang dan perempuan 14 orang.
Hasil Penelitian sebagai berikut (1) Pada Siklus I (pertama) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming mencapai rata-rata 57% berada pada interval cukup dan kuat sedangkan pada Siklus II (dua) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming mencapai rata-rata 82% berada pada interval antara kuat dan sangat kuat, (2) Pada Siklus I (pertama) hasil belajar siswa mencapai rata-rata 67 tergolong cukup sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 adalah 69% hal ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan minimal adalah 75% sedangkan pada Siklus II (dua) hasil belajar siswa  mencapai rata-rata 77 tergolong baik dan ketuntasan belajar siswa pada siklus 2 adalah 88% dan hal ini mencapai target yang ditetapkan adalah 75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran IPS Terpadu agar pada proses pembelajaran hendaknya guru dapat meningkatkan aktifitas siswa dengan menggunakan metode brainstorming sesuai dengan materi yang diajarkan., hendaknya guru mata pelajaran tidak pernah bosan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran serta lebih kreatif dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.



KATA PENGANTAR

Penulis mempersembahkan puji syukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas segala berkat dan rahmat-Nya yang berkelimpahan sepanjang kehidupan penulis. Skripsi yang berjudul Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat ini dapat terselesaikan semata-mata karena belas kasihan Tuhan Yang Maha Penyayang kepada penulis dalam rangka untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan (S.Pd) di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP Gunungsitoli.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis memperoleh bimbingan, bantuan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati penulis ucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Dra. Sri Wahyuningsih selaku pembimbing I, yang telah memberikan waktu tenaga untuk membimbing penulis dalam penulisan skripsi ini.
2.      Bapak Drs. Bezisokhi selaku pembimbing II, ditengah-tengah kesibukannya sebagai Dekan FPIPS IKIP Gunungsitoli, beliau juga rela memberi waktu, tenaga untuk membimbing penulis hingga skripsi ini sampai dengan selesai.
3.      Bapak Dr. Sadieli Telaumbanua, M.Pd, M.A, sebagai Rektor IKIP Gunungsitoli.
4.      Ibu Yearning Harefa, SE sebagai ketua jurusan Pendidikan Ekonomi
5.      Ibu Dra. Mondang Munthe, dan staff pengelola perpustakaan yang telah memudahkan urusan administrasi dan daftar pustaka bagi penulis
6.      Seluruh Bapak/Ibu Dosen di IKIP Gunungsitoli dan staf pegawai yang telah membekali penulis dengan sejumlah ilmu pengetahuan selama dibangku kuliah.
7.      Teristimewa kepada kedua orang tua dan saudara-saudaraku tercinta yang selalu mendoakanku, memberi dorongan, semangat, kasih sayang dan pengorbanan agar dapat menyelesaikan pendidikan di IKIP Gunungsitoli.
8.      Bapak Idaman Zendrato, S.Pd dan Bapak Tanobadodo Zebua, BA yang juga telah banyak membantu penulis selama penelitian dalam menyelesaikan skripsi ini.
9.      Ucapan terima kasih buat seluruh teman–teman yang telah mendukung penulis yang tidak dapat disebut namanya satu persatu.
Akhir kata penulis mengucapkan kiranya Tuhan yang membalas semua bimbingan, arahan dan bantuan yang diberikan dan kiranya skripsi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
                                                         Gunungsitoli,                  2011
                                                                         Penulis

                                                                  Febriani Zebua
                                                                NIM. 069901029








                                                                                                           
DAFTAR ISI
Halaman :
ABSTRAK ………………………………………………………….....………   i
KATA PENGANTAR ………………………………………………..……….  ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………….............    iv
DAFTAR TABEL ………………………………………………….….………  vii
DAFTAR GAMBAR .................. ......................................................................  viii
DAFTAR LAMPIRAN …………………………………………………..…… ix
BAB I                                                                                                                      PENDAHULUAN …………………………………………………..                                                   1
A.    Latar Belakang Masalah .………………………………………...     1
B.     Identifikasi Masalah …….……………………………………….     4
C.     Batasan Masalah ………….……………………………………...     4
D.    Rumusan Masalah ………….…………………………………….     5
E.     Tujuan Penelitian …………….…………………………………..     5
F.      Asumsi Penelitian …………….………………………………….     5
G.    Hipotesis Penelitian ……………………………………………...     5
H.    Manfaat Penelitian ……………….………………………………     6
I.       Keterbatasan Penelitian ………………………………………….     6
J.       Batasan Operasional ……………………………………………..     7

BAB II KAJIAN PUSTAKA ………………………………………………..    8
A.    Metode  Mengajar …………..………………………...………….     8
B.    Metode Brainstorming ………………………………....…………    10
1.      Pengertian Brainstormin (curah pendapat) .…………………..     10
2.      Tujuan dan Manfaat Brainstorming ……………………...…...    13
3.      Langkah-langkah Pengajaran Metode Brainstorming ………...    13
4.      Keunggulan dan Kelemahan Metode Brainstorming ..……….     14
5.      Keunggulan Penggunaan Metode Brainstorming ..……..……     14
C.  Hasil Belajar ……………..……………………………………….     15
1.   Pengertian Hasil Belajar ……………..…………………..…...     15
2.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar …………….……     18
3.   Penilaian Hasil Belajar ………………………………….……      19
D.  Hasil Penelitian Terdahulu ……………………………...……..…     21
F.   Kerangka Berpikir ……………………………………….…........      22
BAB III                                                                                                                   METODE PENELITIAN ………………………………..………..                                                                 24
A.  Objek Tindakan …….………………………………….....……..      24
B.  Lokasi dan  Subjek  Penelitian ..………………………………..       24
C.  Waktu dan Lama Tindakan ..……………………………………      25
D.  Prosedur Pelaksanaan Tindakan ……………………………...…      25
1.   Instrumen  Penelitian ……………………………………..…      25
2.   Desain Penelitian ………………………………………..…..      26
3.   Pelaksanaan Tindakan …………………………………..…..      28
E. Teknik Analisis Data ………..……………………………..……      30
1.   Lembaran observasi ................................................................      30
2.   Pengolahan Tes Hasil Belajar .................................................      31
3.   Rata-rata Hitung ……………………………………………..     32
BAB IV  TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………..  34
               A.  Temuan Penelitian……………………………………………….      34
                     1.  Setting Penelitian …………………………………………….     34
                     2.  Penjelasan Persiklus …………………………………………      35
                          a.   Pembelajaran Pada Siklus 1 ……………………………..      35
                          b.   Pembelajaran Pada Siklus 2 ……………………………..      39
               B.   Pembahasan Temuan Penelitian ………………………………..      42
                     1.   Permasalahan Pokok ………………………………………..      42
                     2.   Jawaban Umum Atas Permasalahan Pokok ………………...      42
                     3.   Analisis Temuan Penelitian …………………………………      44
                     4.   Perbandingan Temuan Penelitian dengan teori ……………..      45
                     5.   Keterbatasan Hasil Analisis dan penafsiran temuan ………..      46
BAB V   PENUTUP …………………………………………………………..    47
               A.   Kesimpulan ……………………………………………………..     47
               B.   Saran …………………………………………………………….    48
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………  49
LAMPIRAN-LAMPIRAN
                                                                                                                       











                                                DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                                 
1.   Desain/Rencana Dan Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
2.   Hasil Pengolahan Lembar Observasi Untuk Guru/Peneliti Dalam Proses Pembelajaran Siklus 1 di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011
3.   Pengolahan Lembar Observasi Tentang Antusias Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P.2010/2011
4.   Perolehan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
5.   Hasil Pengolahan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 Semester 2
      SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
6.   Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 1
7.   Hasil Pengolahan Lembar Observasi Untuk Guru/Peneliti Dalam Proses Pembelajaran Siklus 2 di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pelajaran 2010/2011
8.   Pengolahan Lembar Observasi Tentang Antusias Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P.2010/2011
9.   Perolehan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2
10. Hasil Pengolahan Skor Tes Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 Semester 2
      SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2
11. Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII-1 Semester 2 SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat T.P. 2010/2011 Pada Siklus 2




DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                           
1.   Kerangka Berpikir


























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                                                                                          
1.   Skedul Penelitian
2.   Silabus
3.   Materi Penelitian
4.   RPP Siklus 1
      4.1 RPP Pertemuan Pertama
      4.2 RPP Pertemuan Kedua
      4.3 RPP Pertemuan Ketiga
5.   Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar Siklus 1
5.   Pembobotan Tes Hasil Belajar Siklus 1
7.   Tes Hasil Belajar Siklus 1
8.   Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar Siklus 1
9.   Lembaran Obervasi Pada Siklus 1
      9.1.   Lembar Observasi Pertemuan Pertama
      9.2.   Lembar Observasi Pertemuan Kedua
      9.3    Lembar Observasi Pertemuan Ketiga
10. Pengolahan Lembar observasi pengamat Siklus 1
11. Pengolahan Tes hasil belajar siklus 1
12.`Lembar observasi peneliti pada siklus 1
      12.1    Lembar Observasi Pertemuan Pertama
      12.2.   Lembar Observasi Pertemuan Kedua
      12.3    Lembar Observasi Pertemuan Ketiga
13. RPP Siklus 2
      13.1 RPP Pertemuan Pertama
      13.2 RPP Pertemuan Kedua
      13.3 RPP Pertemuan Ketiga
14. Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar Siklus 2
15. Pembobotan Tes Hasil Belajar Siklus 2
16. Tes Hasil Belajar Siklus 2
17. Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar Siklus 2
18. Lembaran Obervasi Pada Siklus 2
      18.1.   Lembar Observasi Pertemuan Pertama
      18.2.   Lembar Observasi Pertemuan Kedua
      18.3    Lembar Observasi Pertemuan Ketiga
19. Pengolahan Lembar observasi pengamat Siklus 2
20. Pengolahan Tes hasil belajar siklus 2


Untuk Mendapatkan Skripsi ini secara lengkap Hubungi:
Hp. 081269170757 - an. Harefa
No Hoax !!! Skripsi ini asli Buatan saya, BUKAN copian dari situs lain.

0 komentar:

Poskan Komentar