Pages

Kamis, 14 Juni 2012

Penerapan Pendekatan Penemuan Terpimpin (Guided Discovery)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Swasta Masyarakat Damai


ABSTRAK


Harefa, Agustriani, 2010, Penerapan Pendekatan Penemuan Terpimpin (Guided  Discovery)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Swasta Masyarakat Damai , Skripsi, Pembimbing (1) Drs. Amin Otoni Harefa, M.Pd, dan Pembimbing (2) Melinus Telaumbanua, S.Pd

Kata Kunci :Pendekatan Penemuan Terpimpin (Guided Discovery), Proses  Pembelajaran, Hasil Belajar

Kajian teori dalam penelitian ini  adalah  pendekatan penemuan terpimpin merupakan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Guru hanya bertindak sebagai penunjuk jalan dan memberi pengarahan dan bimbingan kepada siswa untuk menemukan pengetahuan baru.
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan penemuan terpimpin (Guided Discovery), (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan penemuan terpimpin (Guided Discovery).     
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah: (1). lembaran observasi yang terdiri dari: (a). lembaran  observasi untuk siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, (b). lembaran pengamatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan (c). lembaran pengamatan proses pembelajaran responden guru/peneliti, (2). lembaran panduan wawancara, (3).  angket, (4). rekaman video dan (5). tes hasil belajar. 

Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat


ABSTRAK


Zebua, Febriani, 2011, Metode Brainstorming Salah Satu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat, Skripsi, Pembimbing (1) Dra. Sri Wahyuningsih, Pembimbing (2) Drs. Bezisokhi Laoli.

Kata Kunci : Metode Brainstorming, Hasil Belajar Siswa.
                 

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan metode brainstorming (curah pendapat) dalam proses pembelajaran, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dengan menggunakan metode brainstorming (curah pendapat).
 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui apakah langkah-langkah proses pembelajaran yang digunakan peneliti saat melakukan pembelajaran di kelas sesuai dengan langkah-langkah metode brainstorming (curah pendapat) dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN GANDA


PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN GANDA





MUHAMMAD YAUMI No. Reg. 7117080361








Diajukan kepada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dalam Rangka Memenuhi Sebagai  Persyaratan untuk Penelitian













PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA


2010



2


Senin, 11 Juni 2012

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TK NEGERI PEMBINA 1 GUNUNGSITOLI

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA
DINI DI KELOMPOK BERMAIN TK NEGERI PEMBINA 1 GUNUNGSITOLI


D
I
S
U
S
U
N


OLEH

Nama              : ROSNIDAR HAREFA
NIM                : 817341939
Program         : S1 PG PAUD
Pokjar             : Nias



 










UNIVERSITAS TERBUKA
2012

LEMBAR  PENGESAHAN

Judul Penelitian         :   PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TK NEGERI PEMBINA 1 GUNUNGSITOLI



NAMA                            :    ROSNIDAR HAREFA
NIM                                :    817341939
PROGRAM STUDI       :    S1 PG - PAUD
FAKULTAS                   :    FKIP - UT




UNIVERSITAS  TERBUKA





Nias, 07 Mei 2012
Supervisor I



NURZANNAH, M. Ag

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Kasih dan Karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Tugas Mata Kuliah: ANALISIS PENGEMBANGAN KEGIATAN ANAK USIA DINI, yang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan pendidikan pada program S1 PG PAUD Universitas Terbuka.
Dalam penyusunan Laporan ini, banyak kesulitan yang peneliti hadapi baik dalam proses pengumpulan data, maupun dalam proses penyusunannya. Oleh karena itu, maka sepantasnyalah peneliti menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Ibu Nurzannah, M. Ag, dan Suster Marliana Laia, S. Pd, serta semua Teman-teman Sejawat, atas bimbingan dan motivasi, serta bantuan berupa buku referensi, sehingga Laporan ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Akhir kata, penulis menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, Kritik dan Saran sangat penulis harapkan demi kemajuan kita bersama.
Harapan kami, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi pemerhati atau yang berkecimpung di dunia pendidikan anak usia dini. Tuhan Memberkati


Nias, 07 Mei 2012
Penulis,



ROSNIDAR HAREFA
Nim. 817341939


DAFTAR ISI

Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................. ii
BAB I     PENDAHULUAN.................................................................................. 1
A.    Latar Belakang Penelitian.................................................................. 1
B.     Fokus Penelitian................................................................................. 1
C.     Tujuan Penelitian................................................................................ 2
D.    Manfaat Penelitian............................................................................. 2
BAB II    LANDASAN TEORI.............................................................................. 3
BAB III METODOLOGI PENELITIAN............................................................. 6
A.    Subjek Penelitian................................................................................ 6
B.     Metodologi Penelitian ....................................................................... 6
C.     Instrumen Penelitian ......................................................................... 6
BAB IV ANALISIS DATA.................................................................................. 7
A.    Tabulasi Data..................................................................................... 7
B.     Analisis Kritis..................................................................................... 8
BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN............................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN
-          SKH



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Penelitian
Kelompok bermain (KB) “TK Negeri Pembina 1 Gunungsitoli” adalah salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain yang juga menyelenggarakan pendidikan pra sekolah bagi anak usia 2 tahun sampai 4 tahun.
Kegiatan-kegiatan dalam kelompok bermain ini selain didasari oleh menu generik serta kurikulum KB juga diwarnai oleh pengetahuan dan keinginan para pendiri / pimpinan dan pendidik yang berkecimpung dalam kelompok bermain tersebut.
Program S.1 PG-PAUD Universitas Terbuka menargetkan lulusannya menjadi tenaga pendidik PAUD profesional yaitu : yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah analisis kegiatan pengembangan Anak Usia Dini. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah dilakukan penelitian di KB “Cikal Harapan” yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan anak yang dianggap perlu diteliti lebih lanjut untuk selanjutnya dianalisis secara kritis.

B.     Fokus Penelitian
Setelah diadakan observasi di salah satu ruang kelas KB “TK Negeri Pembina 1 Gunungsitoli” maka penelitian ini berfokus pada salah satu kegiatan anak yaitu kegiatan perkembangan kognitif melalui bermain dengan dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan pendidik ............. selengkapnya di  download